PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL REALITY (VR)
Keywords:
hasil belajar, Virtual Reality, media pembelajaran, teknologi pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Virtual Reality (VR) terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Media VR sebagai inovasi teknologi dalam dunia pendidikan dinilai mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, imersif, dan kontekstual, sehingga mendorong pemahaman konsep yang lebih mendalam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas [sebutkan kelas dan sekolah], dengan jumlah peserta sebanyak [jumlah siswa]. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II setelah penerapan media VR. Selain itu, aktivitas dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat. Dengan demikian, penggunaan media Virtual Reality terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang inovatif di era digital.