PENINGKATAN KEMANDIRIAN DALAM MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH

Authors

  • Marleny Syam Akademi Maritim Belawan
  • Ika Sartika Akademi Maritim Belawan

Keywords:

kemandirian, manajemen kewirausahaan, kewirausahaan sekolah, pendidikan kewirausahaan, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya peningkatan kemandirian peserta didik dalam manajemen kewirausahaan di lingkungan sekolah. Kemandirian menjadi aspek penting dalam pendidikan kewirausahaan agar siswa tidak hanya memiliki pengetahuan teoritis, tetapi juga keterampilan praktis dalam mengelola usaha secara mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada salah satu sekolah menengah kejuruan (SMK) yang memiliki program kewirausahaan aktif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru pembimbing, siswa, dan kegiatan kewirausahaan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian siswa dapat ditingkatkan melalui pemberian tanggung jawab penuh dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan usaha. Dukungan sekolah dalam bentuk pendampingan, pelatihan manajerial, serta akses modal dan pasar juga turut mendorong pertumbuhan jiwa wirausaha siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi pembelajaran kewirausahaan berbasis praktik nyata secara berkelanjutan dapat membentuk kemandirian siswa dalam manajemen kewirausahaan.

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Marleny Syam, & Ika Sartika. (2025). PENINGKATAN KEMANDIRIAN DALAM MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH. Jurnal Penelitian Samudra, 3(03). Retrieved from https://samudrajurnal.id/index.php/samudra/article/view/81