Penerapan Pembelajaran Pokok Bahasan Perbandingan Turunan dengan Menggunakan Media Peta Konsep pada Siswa

Authors

  • Ika Sartika

Keywords:

Turunan, media peta konsep, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan pembelajaran pokok bahasan perbandingan Turunan dengan menggunakan media peta konsep di kelas XI SMA Asy-Syafiiyah Internasional Medan TP 2022/2023, untuk melihat seberapa besar perubahan hasil belajar siswa yang diajar dengan media peta konsep pada siswa kelas XI SMA Asy-Syafiiyah Internasional Medan TP 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di Asy-Syafiiyah Internasional Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat penguasaan siswa terdapat 7 siswa atau 18% tingkat penguasaan yang sangat tinggi, 8 siswa atau 21% tingkat penguasaan tinggi, 18 siswa atau 46% tingkat penguasaan sedang, 5 siswa atau 13% tingkatpenguasaan rendah, 1 siswa atau 2% tingkat penguasaan sangat rendah. Hal ini berarti siswa kelas XI Asy- Syafiiyah Internasional Medan telah menguasai perbandingan Turunan dengan penerapan media peta konsep; (2) Ketuntasan belajar terdapat 33 siswa atau 85% yang telah tuntassecara perorangan dan 6 siswa atau 15% yang belum tuntas secara perorangan. Hal ini berarti bahwa siswa telah tuntas secara klasikal; (3) Dari sepuluh (10) TPK diharapkan, dicapai oleh siswa terdapat 10 atau 100% TPK yang tuntas, (4) Hasil observasi menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan berada pada rentang nilai 3 ke 4. Hal ini berarti pembelajaran yang dilakukan berjalan baik; (5) Besar perubahan hasil belajar siswa yang diajar dengan media petakonsep pada siswa kelas XI Asy-Syafiiyah Internasional Medan adalah 2.00, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan peta konsep efektif digunakan pada pembelajaran perbandinganTurunan.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Sartika, I. (2023). Penerapan Pembelajaran Pokok Bahasan Perbandingan Turunan dengan Menggunakan Media Peta Konsep pada Siswa. Jurnal Penelitian Samudra, 1(1), 31-38. Retrieved from https://samudrajurnal.id/index.php/samudra/article/view/5