IDENTIFIKASI STARTING AIR SYSTEM YANG TIDAK MAKSIMAL PADA MAIN ENGINE
Keywords:
Starting; Air_System; Main_EngineAbstract
Mesin diesel juga di gunakan sebagai mesin penggerak utama di atas kapal. Motor diesel di atas kapal sangat penting, dimana motor diesel dalam operasinya ditujukan untuk kelancaran operasional dalam pelayaran. Salah satu penunjang untuk memulai beroperasinya mesin diesel ialah udara, Udara merupakan salah satu penunjang kelancaran operasi untuk mesin diesel, dimana udara merupakan langkah awal untuk memulai mesin beroperasi. Starting air system di atas kapal dihasilkan oleh mesin bantu yang disebut kompresor yang memakai tenaga listrik dari generator. Starting air system diatas kapal yang dihasilkan oleh kompresor diteruskan ke botol angin. Di dalam botol, udara tersebut bertekanan 25-30 kg/cm2 (duapuluh lima sampai tiga puluh kg/cm2). Bahwa untuk mesin di gerakkan langsung tanpa reduction gear atau gearbox harus dapat di start 10 (sepuluh) kali tanpa mengisi lagi, sedangkan untuk mesin-mesin dengan gear box dapat distart 6 (enam) kali. Udara dari bejana udara minimal 17 kg/cm2 (tujuh belas) karena bila tekanan udara dibawahnya, maka udara tersebut tidak mampu menekan piston kebawah. Tekanan di bejana udara dibuka penuh, maka udara akan keluar ke main starting valve. Setelah udara tersebut direduksi tekanannya hingga 9-10 (sembilan sampai sepuluh) kg/cm2. Bila handle start ditekan ke bawah, maka udara keluar dari system sebagian masuk dulu ke distributor valve dan sebagian lagi ke cylinder head.
Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa 1) Penyebab sistem starting air system yang tidak maksimal yaitu:tekana udara yang tidak maksimal,terjadi kebocoran pada saluran perpipaan, dan terjadi kerusakan pada komponen seperti pada kompressor, regulator, air sataring valve dan distributor.2) Dampak sistem starting air system yang tidak maksimal yaitu menghambat atau mengakibatkan kesulitan pada saat memulai atau menghidupkan mesin, kinerja mesin yang menurun, kerusakan pada komponen mesin dan konsumsi bahan bakar yang tidak efisien. 3) Sistem perawatan pada starting air system adalah: melakukan pengecekan atau perawatan terhadap komponen pendukung seperti kompressor, regulator, saluran perpipaan, air strting valve, dan distributor pada saat melakukan pengisian botol angin atau pun pada saat melakukan atau memulai mesin.