PENERAPAN KEGIATAN DELIVERY PADA CONTAINER YARD (CY) SAAT PENANGANAN CONTAINER DI PT PRIMA TERMINAL PETI KEMAS BELAWAN

Authors

  • Fuadaturrahmah Akademi Maritim Belawan
  • Marganda L.A Sihite Akademi Maritim Belawan
  • Hotman Sebastianus Akademi Maritim Belawan

Keywords:

Kegiatan_Delivery; Container_Yard

Abstract

Pelayaran internasional dewasa ini telah menggunakan peti kemas karena kapal dapat termuati secara optimal (mendekati penuh), memiliki resiko kerusakan muatan yang kecil, serta dalam bongkar muat lebih cepat dan efisien. Konsekuensinya, dibutuhkan terminal peti kemas dengan segala kelengkapannya baik berupa dermaga (pelabuhan), lapangan penumpukan maupun peralatan untuk kegiatan bongkar muat. Muatan pada peti kemas membawa perubahan yang sangat baik terhadap pola perdagangan serta juga sistem operasi tranportasi laut. Pengelola pelabuhan dituntut untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap proses kegiatan bongkar muat peti kemas. Terminal peti kemas yang melayani muatan dan juga kapal pengangkut peti kemas harus memiliki fasilitas terpasang yang memadai dalam menunjang kegiatan bongkar muat dan pelayanan kapal peti kemas.

Pelabuhan Belawan merupakan salah satu pintu gerbang keluar masuk kapal dan barang baik secara domestik maupun ekspor impor dan telah dilengkapi dengan fasilitas bongkar muat container dari pelabuhan dan ke kapal. Pelabuhan Terminal Petikemas Belawan merupakan salah satu pelabuhan PT Prima Terminal Petikemas selanjutnya disebut PTP adalah anak perusahaan yang merupakan usaha patungan antara PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), PT Hutama Karya (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., dengan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) sebagai pemegang saham mayoritas. Memperoleh pengesahan Badan Hukum dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azazi Manusia No. AHU-46327.AH.01.01 tanggal 3 September 2013. Sebagai pelabuhan angkutan barang, keberadaan PT Terminal Peti Kemas Belawan sangat diperlukan oleh dunia industri untuk mendukung kelancaran pengiriman (delivery) barang.

Dari hasil penelitian ini di dapatkan bahwa 1) Proses kegiatan delivery, Mengupload baplie bongkaran kapal yang dikirmkan dari E-mail agar dapat pelayaran bisa meng-onlinekan Delivery Order (D/O), setelah itu Pelayaran meng-upload Delivery Order (D/O), lalu Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) membuat job DTY-Delivery Container Import melalui aplikasi/website Webacces prima TPK,lalu pihak EMKL (Ekspedisi Muatan Kapal Laut) melalukan pembayaran ke Prima TPK secara online, setelah melakukan pembayaran Ekspedisi Muatan Angkutan Laut (EMKL) dapat Mem-Print out Container Equipment Interchange Receipt (CEIR)/Surat Penarikan Peti Kemas (SP2), lalu pihak Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) menyerahkannya kepada pihak pengangkutan, lalu pihak pengangkut meyerahkannya kepada supir truk dan supir dapat melakukan Import container pada saat di Lapangan Penumpukan/Container Yard. 2) Hambatan yang dihadapi saat proses delivery, Automated Rubber Tyred Gantry (ARTG) trouble (rusak) sehingga harus menunggu perbaikan, terhadap kendala penentuan/penempatan container lokasi peti kemas yang dimana perbedaan data antara lokasi fisik dengan lokasi di sistem serta kendala hambatan truck external no Radio Frequency Identification (RFID) yang tidak dan harus diupdate secara manual. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi, segera menginformasikan ke tim mekanik untuk memperbaiki peralatan yang rusak dengan secepatnya agar tidak terjadi crowded (keramaian), terhadap penentuan/penempatan lokasi peti kemas operator memandu pengemudi truk mengambil sesuai rute dan urutan pengambilan karna penentuan lokasi di container akan mempengaruhi efesiensi proses discharge. Serta terhadap kendala no. RFID tdiak valid harus diupdate secara manual melalui aplikasi G-14 Gate Operation Exception di bagian Buffer. Untuk mengetahui no. RFID yang mau diupdate dilihat melalui layar monitoring Remote-Control Monitoring System (RCMS) yang menampilkan kondisi Container Yard (CY) real time dan update.

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

Fuadaturrahmah, Marganda L.A Sihite, & Hotman Sebastianus. (2025). PENERAPAN KEGIATAN DELIVERY PADA CONTAINER YARD (CY) SAAT PENANGANAN CONTAINER DI PT PRIMA TERMINAL PETI KEMAS BELAWAN. Jurnal Penelitian Samudra, 2(1). Retrieved from https://samudrajurnal.id/index.php/samudra/article/view/35