ANALISIS PEMBELIAN KAPAL BEKAS (SECOND-HAND) DAN KAPAL BARU DARI PERSPEKTIF PELANGGAN

Authors

  • Ade Irma Sagala Akademi Maritim Belawan

Keywords:

Kapal Bekas, Kapal Baru, Perseptif Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara komprehensif keefektifan pembelian kapal bekas dan kapal baru dalam prespektif pelanggan. Hasil analisis ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat dalam pembelian kapal bekas atau melakukan pembangunan kapal baru. Metode yang dilakukan dengan pendekatan perspektif pelanggan sehingga informasi manajemen sangat mendukung untuk penentuan keputusan yang akan dilakukan. Tingginya biaya investasi pada kapal baru menyebabkan banyaknya perusahaan pelayaran yang berinvestasi pada kapal-kapal bekas hal ini disebabkan biaya atau harga pembangunan kapal baru tiap tipe mengacu dana yang telah ditetapkan oleh owner, sehingga spesifikasi teknisnya menyesuaikan. Namun penggunaan kapal bekas juga memiliki beberapa kelemahan, seperti biaya perbaikan yang lebih tinggi dalam jangka panjang dan potensi kerusakan yang lebih besar karena    usia kapal yang lebih tua sehingga dibutuhkan pendekatan perseptif pelanggan untuk memberikan input terhadap kebutuhan saat ini dan tetap memperhatikan regulasi yang ada di Indonesia.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Ade Irma Sagala. (2024). ANALISIS PEMBELIAN KAPAL BEKAS (SECOND-HAND) DAN KAPAL BARU DARI PERSPEKTIF PELANGGAN. Jurnal Penelitian Samudra, 2(2), 1-11. Retrieved from https://samudrajurnal.id/index.php/samudra/article/view/22