ANALISIS PEMBELIAN KAPAL BEKAS (SECOND-HAND) DAN KAPAL BARU DARI PERSPEKTIF PELANGGAN
Keywords:
Kapal Bekas, Kapal Baru, Perseptif PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara komprehensif keefektifan pembelian kapal bekas dan kapal baru dalam prespektif pelanggan. Hasil analisis ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat dalam pembelian kapal bekas atau melakukan pembangunan kapal baru. Metode yang dilakukan dengan pendekatan perspektif pelanggan sehingga informasi manajemen sangat mendukung untuk penentuan keputusan yang akan dilakukan. Tingginya biaya investasi pada kapal baru menyebabkan banyaknya perusahaan pelayaran yang berinvestasi pada kapal-kapal bekas hal ini disebabkan biaya atau harga pembangunan kapal baru tiap tipe mengacu dana yang telah ditetapkan oleh owner, sehingga spesifikasi teknisnya menyesuaikan. Namun penggunaan kapal bekas juga memiliki beberapa kelemahan, seperti biaya perbaikan yang lebih tinggi dalam jangka panjang dan potensi kerusakan yang lebih besar karena usia kapal yang lebih tua sehingga dibutuhkan pendekatan perseptif pelanggan untuk memberikan input terhadap kebutuhan saat ini dan tetap memperhatikan regulasi yang ada di Indonesia.