PROSES PENYELENGGARAAN DAN TUNTUTAN GANTI RUGI (CLAIM) ATAS KERUSAKAN BARANG ANGKUTAN LAUT DI PERUSAHAAN PELAYARAN PT. MERATUS LINE CABANG BELAWAN

Authors

  • R. Aby Iskandar Akademi Maritim Belawan
  • Murdani Akademi Maritim Belawan

Keywords:

Proses penyelenggara, Kerusakan Barang

Abstract

Perusahan pelayaran haruslah hati-hati serta teliti dalam menangani masalah claim apabila petugas dari perusahan pelayaran dalam bidang ini menyelesaikan masalah claim ini dengan tidak hati-hati dan tidak teliti maka akan menimbulkan kerugian yang besar bagi perusahaan pelayaran seperti kehilangan kepercayaan shipper dan consignee terhadap layanan sehingga dapat mengakibatkan kurangnya relasi dalam bidang angkutan laut di perusahaan pelayaran tersebut. Adapun yang menjadi tujuan penulisan laporan tugas akhir ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana proses penyelesaian claim dan jenis claim yang terjadi. 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh claim terhadap perkembengan perusahaan. 3) Untuk mengetahui penentuan claim dan dasar-dasar penolakan claim. Tanggung jawab penanggung terhadap claim dalam asuransi untuk memberikan perlindungan terhadap hak-hak tertanggung yang telah diperjanjikan pada saat pengiriman barang yang dibuat dengan kata lain penanggung bertangggung jawab untuk memberikan tuntutan ganti rugi (claim) kepada penanggung karena suatu kerusakan, kerugian dan kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tidak tertentu.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Iskandar, R. A. ., & Murdani. (2023). PROSES PENYELENGGARAAN DAN TUNTUTAN GANTI RUGI (CLAIM) ATAS KERUSAKAN BARANG ANGKUTAN LAUT DI PERUSAHAAN PELAYARAN PT. MERATUS LINE CABANG BELAWAN. Jurnal Penelitian Samudra, 1(1), 9-17. Retrieved from https://samudrajurnal.id/index.php/samudra/article/view/2