ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT PETI KEMAS PADA UNIT USAHA TERMINAL PETI KEMAS BELAWAN PT (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA I

Authors

  • R. Aby Iskandar Akademi Maritim Belawan

Keywords:

Faktor – faktor yang mempengaruhi kinerja bongkar muat

Abstract

Upaya yang telah dilakukan perusahaan guna peningkatan produktivitas bongkar muat dan kinerja perusahaan di Unit UTPK Belawan yaitu dengan peningkatan fasilitas dan penambahan peralatan bongkar muat peti kemas, penambahan peralatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan unit UTPK Belawan dalam proses kemas yang lebih handal dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pengguna jasa. Selain itu penambahan peralatan ini juga diarahkan untuk mengantisipasi pertumbuhan arus peti kemas melalui Unit UTPK Belawan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan suatu metode yang dapat diterapkan dalam peningkatan produktivitas bongkar muat peti kemas. Dengan meningkatkan produktivitas ini, PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I khususnya Unit UTPK Belawan diharapkan akan dapat memberikan kepuasan yang lebih besar bagipara pelanggannya.

. Hasil peneltiian adalah factor yang mempengaruji penurunan kinerja bongkarmuat peti kemas pada Unit Usaha Terminal Peti Kemas Belawan PT (Persereo) Pelabuhan Indonesia I adalah disebabkan banyaknya kegagalan terhadap kegiatan bongkar muat, faktor penyebab kegagalan kegiatan bongkar muat yaitu faktor prosedur bongkar muat, faktor manusia, faktor alat yang digunakan dan faktor lingkungan.

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Aby Iskandar, R. . (2023). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT PETI KEMAS PADA UNIT USAHA TERMINAL PETI KEMAS BELAWAN PT (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA I. Jurnal Penelitian Samudra, 1(2), 66-69. Retrieved from https://samudrajurnal.id/index.php/samudra/article/view/10