Jurnal Penelitian Samudra https://samudrajurnal.id/index.php/samudra <p>Samudra adalah Jurnal kajian Multidisiplin (<em>Journal of Multidisciplinary Studies).</em> Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk menyediakan sarana komunikasi dan publikasi ilmiah bagi peneliti, mahasiswa dan dosen, yang mempunyai komitmen terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal ini terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan <strong>April, Agustus dan Desember.</strong></p> <p>Fokus dan Ruang Lingkup jurnal ini adalah kajian yang bersifat Multidisipliner seperti :<strong>Kemaritiman, Manajemen, Pendidikan</strong></p> <p><strong>e-ISSN : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230818271685012" target="_blank" rel="noopener">3031-7258</a><br /></strong></p> en-US jurnalsamudra.id@gmail.com (Ika Sartika, S.Pd.,M.Pd) jurnalsamudra.id@gmail.com (Ika Sartika, S.Pd.,M.Pd) Tue, 13 Aug 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS PEMBELIAN KAPAL BEKAS (SECOND-HAND) DAN KAPAL BARU DARI PERSPEKTIF PELANGGAN https://samudrajurnal.id/index.php/samudra/article/view/22 <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara komprehensif keefektifan pembelian kapal bekas dan kapal baru dalam prespektif pelanggan. Hasil analisis ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat dalam pembelian kapal bekas atau melakukan pembangunan kapal baru. Metode yang dilakukan dengan pendekatan perspektif pelanggan sehingga informasi manajemen sangat mendukung untuk penentuan keputusan yang akan dilakukan. Tingginya biaya investasi pada kapal baru menyebabkan banyaknya perusahaan pelayaran yang berinvestasi pada kapal-kapal bekas hal ini disebabkan biaya atau harga pembangunan kapal baru tiap tipe mengacu dana yang telah ditetapkan oleh <em>owner</em>, sehingga spesifikasi teknisnya menyesuaikan. Namun penggunaan kapal bekas juga memiliki beberapa kelemahan, seperti biaya perbaikan yang lebih tinggi dalam jangka panjang dan potensi kerusakan yang lebih besar karena &nbsp;&nbsp;&nbsp;usia kapal yang lebih tua sehingga dibutuhkan pendekatan perseptif pelanggan untuk memberikan input terhadap kebutuhan saat ini dan tetap memperhatikan regulasi yang ada di Indonesia.</p> Ade Irma Sagala Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Samudra https://samudrajurnal.id/index.php/samudra/article/view/22 Thu, 01 Aug 2024 00:00:00 +0700