EDUKASI PENGETAHUAN MARITIM PADA TINGKAT PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA MEDAN
Abstract
Indonesia merupakan negara kepulauan yang mana memiliki laut lebih luas dari pada daratan. Dalam mewujudkan poros maritim dunia tentusaja Bangsa Indonesia harus memiliki budaya maritim dan pengetahuan maritim yang kuat sehingga perwujudan dari poros maritim dunia bagi Bangsa Indonesia dapat terwujud lebih cepat. Pada perkembangan arus globalisasi ini memberikan dampak yang sangat serius terhadap segala aspek kehidupan. Hal tersebut menyebabkan bergesernya budaya maritim ke budaya darat. Pergeseran ini tentu saja akan menyebabkan perubahan perilaku yang terjadi di masyarakat sehingga perwujudan dari poros maritim dunia akan sulit terbentuk. Saat ini Budaya Maritim Indonesia sama seperti sebuah kapal yang tak bernahkoda, jika kesadaran Maritim tidak segera diciptakan/dibangun kembali.
Dari kegiatan pelaksanaan penelitian yang telah dilaksanakan melalui penyebaran angket kepada siswa/i SMA/SMK Kota Medan , Tingkat pengetahuan siswa terhadap pengetahuan dan budaya kemaritiman Indonesia sudah baik, hal ini ditunjukkan hasil penelitian secara umum dengan indikator tahu sebesar 92,20%, memahami 76,50%, aplikasi 68,89%, analisis 89,62%, sintesis 94,69%, evaluasi 63,72%. Akan tetapi masih rendah pada tahap aplikasi dan evaluasi. Adanya edukasi pengetahuan maritim pada siswa tingkat sekolah menengah atas dapat memberikan dampak kepada pengetahuan siswa terkait aplikasi kemaritiman/kelautan. Dan edukasi kepada guru dalam Pengembangan pengetahuan kemaritiman dapat diterapkan pada bidang pendidikan melalui kurikulum sekolah, yang dituangkan dalam rencana pembelajaran dan buku ajar pada mata pelajaran sains dan pada mata pelajaran sosial.